Friday, January 16, 2015

Latihan Ngeblog #1


Buat beberapa orang, Jurnalisme dan blogging mungkin dianggap dua hal yang berdekatan. Secara, jurnalisme dan blogging basisnya sama, nulis. Tapi, buat saya, dua hal ini beda banget. Nulis berita dan nulis buat blog itu.. di otak saya jauh berbeda.
Istri saya, Pungky Prayitno itu blogger nomer satu di dunia (versi saya), bolak balik banget dia nyuruh saya aktif ngeblog. Dan pertanyaan saya... “Nulis apaan, nulisnya gimana?”. Pertanyaan ini kaya respon defensif yang selalu nongol setiap kali Pungky nyuruh saya ngeblog. Kenapa? Karena saya ngerasa gak bisa banget nulis buat blog.
Keseringan dibentak-bentak dan disuruh ngeblog, saya mulai merhatiin Pungky. Mulai dari caranya nulis, caranya dapet ide, sampe caranya posting dan bikin ilustrasi. Diam-diam, saya mulai nganggep si Pungky itu guru. Tapi, bukannya terinspirasi, saya malah lebih merasa terintimidasi.

Soal ide misalnya.. di dunia perkoranan, saya bisa gali ide tiap hari. Lima berita  politik dan seabrek masalah di pemerintahan pun saya bisa. Tapi, buat bikin satu tulisan kayak punya Pungky itu susahnya bukan main.
Pungky, ngeliat sesuatu dan dilanjut dengan nulis seenak jidat. Saya... nggak bisa gitu. Saya terbiasa ngeliat isu, ngeliat masalah trus nanya ke yang bikin masalah dan orang-orang yang seharusnya ngeberesin tuh masalah. Gampang... investigasinya kadang-kadang ribet, tapi kalau data udah kumpul, tulisan dengan sendirinya ngalir.
Beres soal ide, masalah baru muncul pas pengen nulis. Blogging, itu komunikatif banget. Ini yang nggak pernah saya pake di koran. Bahasa blog, meski panjang-panjang, tetep bikin yang baca nyaman. Nggak kaya bahasa koran yang modelnya menggurui, berasa yang paling ngerti. Blog itu, kayak novel teenlit. Bahasanya renyah, acak-acakan pun tetep nggak ada yang protes. Tapi, ini malah susah bukan main. Kalo kata Pungky, itu soal kebiasaan. Kalo udah biasa nulis seenak udel, lama-lama juga biasa.
Setelah sekian lama, jadi bulan-bulanan omelan Si Pungky, saya mulai buka lagi blog lama. Blog yang sebelumnya pengen saya jadiin galeri foto pribadi. Dan hari ini, saya mulai nyoba ngisi blog foto saya dengan tulisan. Dikit-dikit. Kalo orang Jawa bilang, Alon-alon asal kelakon.
Masuk tahapan posting, mulai ngerasa grogi. Tapi, kayak pertama nulis berita. Saya nggak bakal pernah bisa nulis di blog kalo gak pernah memulai. Dan ini.. tulisan kedua saya.

1 comment:

  1. kamu bisa kok..pasti bisa...just pour it out :)..sama seperti saya yang tiap hari berkutat dengan laporan, statement dan dokumen yang nota bene semuanya menulis, tapi pas ngeblog it's completely different..lebih bebas :)..have fun blogging yaaa...

    ReplyDelete